Beberapa Teknik Vokal Musik Underground

Musik underground bukanlah suatu genre musik melainkan suatu gerakan musik. Underground memeliki beberapa genre di dalamnya seperti deathmetal, hardcore, black metal dan  masih banyak lagi. Aliran musik ini berkembang dalam suatu komunitas tersendiri walaupun tanpa permintaan pasar, tidak bersifat komersial dan kurang terkenal. Orang-orang dengan selera musik rock biasanya akan menyukai aliran musik yang satu ini.

Tema yang diangkat pada setiap lagunya adalah tema-tema ekstrim yang berkisah tentang kekerasan, kehidupan setelah kematian dan kecaman. Lagu-lagu yang beraliran underground biasanya terdengar sangat garang karena dinyanyikan dengan cara seperti berteriak. Cara menyanyikan lagu-lagu beraliran underground sendiri menggunakan teknik vokal tersendiri. Adapun beberapa teknik vokal musik underground tersebut sebagai berikut.

  • Teknik scream

Scream merupakan dasar dari segala teknik vokal yang digunakan pada musik underground. Teknik ini dilakukan dengan berteriak sambil mengeluarkan nafas berat dengan mulut yang terbuka lebar.

  • Teknik growl

Teknik growl dinamai juga dengan sebutan scream rendah karena teknik ini menggunakan teknik dasar yang sama seperti hal nya scream. Bedanya terletak pada bentuk mulut ketika melakukan kedua teknik ini. Saat menggunakan teknik growl mulut diharuskan untuk membentuk huruf o. Hal ini menyebabkan suara yang dihasilkan lebih rendah. Namun teknik ini juga memerlukan nada tinggi yang dilakukan dengan cara head voice.

  • Tekik grunt

Berbeda dengan dua teknik sebelumnya, teknik ini dilakukan dengan cara mengisap suara. Teknik yang satu ini dinilai sangat mudah untuk dipelajari karena Anda hanya perlu berbicara dengan menyedot nafas bukan mengelah nafas.

  • Teknik pig squeals

Teknik ini merupakan suatu modifikasi dari teknik sebelumnya yaitu grunt, namun pada awalnya teknik ini hampir sama dengan grunt. Pada teknik pig squeals ini lebih terdengar seperti bunyi orang ngorok atau mendengkur.

  • Teknik fry

Ini juga merupakan salah satu teknik yag dimodifikasi dari scream. Suara yang dihasilkan dari teknik vokal musik underground yang satu ini terdengar seperti suara yang keluar dari teggorokan yang kering.

  • Teknik false

Fals merupakan salah satu teknik vokal musik underground yang cukup sulit dilakukan. Teknik ini sama seperti teknik scream namun diikuti oleh distorsi pada tenggorokan dan dilakukan pelebaran bentuk mulut sehingga hasilnya adalah suara scream yang tinggi namun mengandung ditorsi.

  • Teknik death

Teknik ini terdngar sangat nyaring dan melengking seperti teknik falsetto. Death akan lebih mudah dilakukan oleh orang yang memiliki dasar suara tinggi dan melengking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *